Membuat Foto Lebih Tajam

Permasalahan paling penting bagi fotografer pemula setelah memiliki DSLR yang saya rasakan adalah supaya membuat foto lebih tajam terlebih dahulu yang secara bersamaan berlatih tentang memperoleh exposure yang tepat.

Keduanya sangat penting karena membentuk sebuah foto yang terlihat baik. Jika foto tidak tajam maka tidak akan berbentuk alias blur dan jika pencahayaan tidan baik maka akan terjadi terlalu terang (over exposure) atau terlalu gelap (under exposure) yang berakibat tidak munculnya detil sebuah foto.

foto tajamDi atas tripod Fl. 60mm, ISO 100, Kecepatan 2 detik pada f/22.

Untuk membuat foto yang lebih tajam langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Investasikan sisa membeli kamera dan lensa untuk sebuah tripod. Tripod menjadi peranan penting untuk menghasilkan foto yang tajam. Matikan IS atau VR jika memotret menggunakan tripod.
  • Gunakan kabel penghubung untuk melepas rana atau remote jika menggunakan tripod khususnya ketika memotret pemandangan atau obyek yang tidak bergerak. Jika tidak ada media ini, gunakan timer yang akan membantu mengeliminasi guncangan.
  • Gunakan ISO terendah. Kalaupun menaikkan ISO jadikan sebagai pilihan terakhir.
  • Jika terpaksa menggunakan tangan (handheld) pastikan bahwa kecepatan shutter di atas panjang fokal lensa. Contohnya jika kita menggunakan lensa 18-55mm saya selalu mengusahakan kecepatan di atas 1/50mm.
  • Pegang kamera dengan kokoh jika dipandang perlu gunakan sandaran. Salah satu tangan menekan ke dada bisa cukup menolong sebagai penyangga yang lumayan memperkokoh pegangan.
  • Gunakan diafragma tertajam (sweet spot_ pada lensa. Beberapa fotografer menyarankan 2 stop di atas bukaan paling besar (angka kecil).
  • Gunakan flash (lampu kilat), akan membantu membekukan gerakan dan membuat foto terlihat tajam.
  • Memotretlah dengan riang. Tanpa ada beban apapun.
  • Pastikan selalu berlatih dan memperbanyak pemotretan. Dan jangan lupa membaca buku panduan dan buku pendamping untuk menuntun kita berlatih sendiri. Lebih banyak memotret untuk pemula, maka akan lebih bisa merasakan ketika kita memencet tombol pelepas rana akan menghasilkan foto yang tajam atau tidak.

Ketajaman untuk sebuah foto secara umum adalah mutlak, sehingga area ini adalah salah satu faktor yang sangat penting supaya foto kita dianggap baik secara teknis fotografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>